Kamis, 20 Juni 2013

PENTINGNYA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

PENTINGNYA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah suatu jenjang pendidikan sebelum jenjang pendidikan dasar yang merupakan suatu upaya pembinaan yang ditujukan bagi anak sejak lahir sampai usia enam tahun yang dilakukan dengan cara pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.

Pendidikan Anak Usia Dini sangat penting dan dianjurkan karena sangat membantu anak dalam perkembangan fisik, kecerdasan, dan perilakunya. Bahkan dalam Islam, Rasulullah SAW menganjurkan pada para orang tua muslim untuk memberikan pendidikan pada anak-anak sejak masih dalam buaian. Keuntungan dari memberi pendidikan sejak anak usia dini adalah orang tua dapat membentuk anak menjadi pribadi siap, mandiri, cepat beradaptasi, mudah bergaul, tidak pemalu, senang bersosialisasi, memiliki sifat antusias yang tinggi, dan senang belajar.
Berbeda dengan anak yang tidak mendapat pendidikan cukup saat usia dini. Mereka biasanya akan lamban dalam menerima hal baru.

Metode yang digunakan pun sebaiknya yang membuat anak merasa nyaman. Misalkan belajar sambil bermain. Permainan yang digunakan juga harus mampu membuat mereka terangsang secara pikiran dan perilaku. Mereka bisa diarahkan dengan permainan yang bisa membuat mereka bekerja sama, memecahkan masalah bersama, berdiskusi, cara mengatur waktu dan tidak egois.

Pendidikan anak diusia dini ini merupakan fase penting atau masa emas. Maka sangat baik jika mulai usia dini, anak sudah dikenalkan dengan pendidikan yang baik dan benar tentunya. 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar