Kamis, 20 Juni 2013

PERLUNYA PENDIDIKAN PANCASILA DI PERGURUAN TINGGI


PERLUNYA PENDIDIKAN PANCASILA DI PERGURUAN TINGGI


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhJCR7HSbz7zLNlm7VQlmDbVEr74ZsUqVcM_83C4j8T15hWTj9WkGuEGw4Qq7n_7NdGL_9zJY5CVV7ngvvJLJJd3UPNhaM2HIE-R9tkxQj4XWxqNTll7iY4bjyoHzq1Q68uAP2k0yBeFVeq/s1600/pancasila.jpg
Pancasila adalah dasar negara Indonesia yang di dalamnya terkandung lima sila sebagai sumber nilai yang mengatur dalam kehidupan bangsa dan negara. Generasi penerus melalui pendidikan Pancasila ini diharapkan mampu di hari depan yang senantiasa berubah serta memiliki wawasan untuk bela negara melalui pola pikir dan tingkah laku. 

Pendidikan Pancasila dalam Perguruan Tinggi sangat penting. Mahasiswa merupakan bibit unggul bangsa yang saatnya nanti akan menghasilkan pemimpin negara. Maka dari itu, diperlukan pendidikan akademis dan pendidikan moral sebagai penunjang. Pancasila memiliki banyak nilai dalam membentuk karakter bangsa. Diharapkan mahasiswa dapat berpandangan secara demokrasi, berkomitmen pada HAM, memiliki kepedulian tinngi dalam menyelesaikan konflik di masyarakat, dan supaya mahasiswa dapat membantu menyelesaikan konflik sosial dengan jalan damai dan sehat.

Pendidikan Pancasila memiliki tujuan untuk menghasilkan peserta didik:
  1. Beriman dan bertakwa pada Tuhan Yang Maha Esa.
  2. Berkemanusiaan yang adil dan beradab.
  3. Mendukung persatuan bangsa.
  4. Mendukung kerakyatan yang mengutamakan kepentingan bersama diatas kepentingan individu/golongan.
  5. Mendukung upaya untuk mewujudkan keadilan sosial bagi masyarakat.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar